Mengenal kelainan refraksi khususnya pada anak-anak

Mengenal kelainan refraksi khususnya pada anak-anak

Diposting pada Senin, 25 November 2019 oleh Admin pada kategori Kelainan Refraksi

Kelainan refraksi adalah penurunan fungsi retina mata berupa peglihatan berkurang yang muncul karena cahaya jatuh tidak tepat mengenai saraf mata. Kelainan refraksi cenderung muncul menyerang anak anak dan dewasa akibat kebiasaan dan gaya hidup buruk jangka panjang yang dilakukan seiring berjalannya waktu.

Jenis jenis Kelainan Refraksi

 

Rabun jauh
Rabun jauh atau istilah medisnya adalah Miopia merupakan kondisi dimanan retina tidak mampu memfokuskan bayangan atau objek benda yang dilihat dari jarak yang jauh, Sehingga pandangan menjadi kabur (tidak jelas). Kondisi ini disebabkan bola mata memanjang sedangkan lensa mata mencembung, Akibatnya bayangan akan jatuh didepan mata yang menyebabkan pandangan jarak jauh tidak jelas.

Rabun dekat

Rabun dekat atau istilah medisnya hipermetropia yaitu kondisi dimana retina mata kehilangan kemampuannya untuk menangkap bayangan atau objek benda dengan jarak dekat. Kondisi ini dikarenakan bola mata yang memendek dann kornea mata mengalami pencekungan., Akibatnya bayanagan akan jatuh dibelakang mata yang menyebabkan pandangan jarak dekat menjadi kabur.

Astigmatisma
Astigmatisma adalah kondisi dimana bidang vertikal pada kornea mata terlalu mencembung dibandingkan bidang bidang horizontalnya sehingga cahaya yang jatuh pada kornea menjadi terbias pada 2 titik fokus secara bersamaan yang akhirnya titik fokus tidak tepat jatuh pada retin, Kondisi ini menyebabkan objek yang jauh dan yang dekat sama sama terlihat kabur (tidak jelas).

Mata tua

Kondisi mata tua atau presbiopia adalah kondisi dimana mata mengalami kemunduran untuk dapat melihat huruf atau tulisan dalam jarak dekat. Kondisi ini muncul akibat proses alamiah dari usia seseorang. Usia diatas 40 tahun otot mata dan jaringan mata lainnya mulai mengalami penyusutan fungsi, Pencembunagn lensa dan keelastisannya secara bertahap. Kondisi ini akan dialami semua manusia didunia secara alamiah.

 

Pencegahan
Tips cara mencegah kelainan refraksi sejak usia dini gaar dikemudian hari terindar dari masalah rabuh jauh, Rabun dekat dan kasus Astigmatisma.

  • Hindari kebiasaan membaca sambil tidur atau terlalu dekat dengan objeck yang sedang di baca.
  • Hindari menonton televisi sambil tiduran, Menonton dari jarak kurang dari 2 meter dan dalam keadaan remang remang atau gelap.
  • Jangan terlalu lama berinteraksi didepan layar monitor komputer, Televisi atau handphone untuk mencegah seranagan layar biru dan gelombang elektromagnetik yang dapat merusak konea/retina mata. Sinar biru dari pearangkat elektromagnetik visual terbukti sebagai penyebab mata minus yang paling mudah menyerang anak anak.
  • Memakai perlindungan pada mata dengan penggunaan kaca mata anti radiasi agar mata terlindungi dari radiasi sinar ultraviolet yang terpancar melalui kaca, Aspal, Air laut, Untuk mencegah kerusakan kornea/retina karenan sinar biru pada komputers, Televisi dann handphone.
  • Istirahatkan mata setiap 30 menit setelah berinteraksi dengan layar monitor televisi atau komputer sebelum anda kembali beraktivitas,Yaitu dengan cara tidulah dengan santai, Pejamkan mata sambil mengompres kedua mata yang terpejam denagn kantung teh atau air dingin.
  • Membiasakan diri untuk tidak hanya melihat objek yang jauh atau yang dekat saja. Tapi kombinasikan keduanya untuk rajin di lakukan secara konsisten, Misalnya melihat sesuatu yang berwarna hijau yang letaknya jauh misalnya perkebunan teh dan membiasakan diri pula melihat sesuatu yang dekat seperti benda benda yang bergerak.

Artikel Lainnya

Memahami Gangguan Refraksi
Memahami Gangguan Refraksi

Diposting pada 25 Desember 2019 01:09 oleh Admin

Multisensory Experience: 20 menit Tanpa Penglihatan
Multisensory Experience: 20 menit Tanpa Penglihatan

Diposting pada 25 Desember 2019 01:42 oleh Admin

Mengenal kelainan refraksi khususnya pada anak-anak
Mengenal kelainan refraksi khususnya pada anak-anak

Diposting pada 25 November 2019 02:13 oleh Admin